Esports Indonesia Logo

Sosok Josh Hawley Yang Melarang Monetisasi Dunia Game

by E-Sport Indonesia

Josh Hawley, Politikus asal Amerika menegaskan bahwa saat ini Senator tengah membahas mengenai RUU menolak dan membuat status dari Loot Boxes. Ini akan dianggap sebagai sesuatu yang ilegal. Sebagaimana diketahui perkembangan industri game saat ini semakin ketat dengan adanya banyak persaingan. Sejumlah developer dan publisher bahkan melakukan berbagai cara yang beringas agar bisa mencapai tujuannya. Dalam hal ini, cara beringas tersebut ditandai dengan loot boxes dan juga micro transaction yang terdapat didalamnya. Ini adalah sebuah sistem dimana para pemain harus melakukan pay to win. Jika dibahasa indonesiakan maka artinya adalah kalau mau menang, pemain harus bayar.

Developer Ingin Menguras Dompet Pemain?

Sosok Josh Hawley Yang Melarang Monetisasi Dunia Game

Ha tersebut menurut Josh Hawley juga bukanlah sesuatu yang asing memang industri gaming di era modern saat ini banyak yang dipengaruhi oleh monetisasi. Dimana sejumlah uang dibutuhkan untuk membuat game tersebut bisa berkembang. Salah satunya adalah meminta pemain membayar untuk bisa mengakomodasi fitur, item, weapon, atau hal-hal tertentu yang bisa memudahkan permainan. Para gamer sejatinya pasti sudah tidak asing dengan munculnya pop up yang memancing pemain untuk membayar sekian Dolar demi item yang langka pada saat itu.

Loot Box itu sendiri menjadi perbincangan yang hangat oleh berbagai kalangan. Ada yang sampai mengangkat isu bahwa apakah loot box ini nantinya akan cenderung untuk merugikan pemainnya? Bagaimana dengan mereka yang bermain secara fair play atau tidak mengeluarkan uang sama sekali. Tentu masalah inilah yang masih dibahas oleh Josh Hawley dan belum tuntas. Permasalahan dalam pembuatan RUU tersebut sudah pasti akan terus didiskusikan sampai menemukan hasil yang pasti.

Josh Hawley Memperoleh Banyak Dukungan

Sosok Josh Hawley Yang Melarang Monetisasi Dunia Game

Tema yang diangkat oleh Josh Hawley ini juga sekaligus mendapatkan dukungan signifikan dari politikus lainnya, misalnya Ed Markey dan juga Richard Blumenthal. Kenapa? Pada akhirnya mereka dengan tegas melakukan penolakan terhadap hal-hal yang berbau pay to win dan juga lot boxes. Bagaimanapun juga itu adalah suatu sistem yang akan tidak mendidik player untuk bermain. Karena mereka yang kurat dari segi financial, bisa aja melakukan segala cara dengan mengerahkan semua uang yang dimiliki hingga pada akhirnya akan bisa menjadi seorang juara.

Dalam hal ini, Josh Hawley juga mengangkat topik lainnya, yaitu menghindarkan anak dari yang namanya perjudian. Pasalnya, jika sudah mengangkat mengenai pay to win sudah pasti ada semacam transaksi yang dilakukan. Jika sudah demikian, maka anak yang masih polos pun akan merasa tidak masalah jika mereka mengeluarkan uang untuk jangka waktu tertentu dari game yang dimainkannya. Ini juga menjadi salah satu cuitan yang dikumandangkan oleh Josh Hawley pada akun Twitternya.

Perlindungan Untuk Anak Dari Efek Monetisasi

Sosok Josh Hawley Yang Melarang Monetisasi Dunia Game

Josh Hawley benar-benar tegas dalam menekankan bahwa dia ingin adanya RUU untuk melindungi anak-anak dari keberingasan developer dan publisher yang menurutnya sedang hangat saat ini. Dalam hal ini, tentu akan ada tantangan dari pihak pengembang atau pencipta game itu sendiri. Pada dasarnya, mereka juga tidak mau serta merta dikatakan apa yang mereka terapkan itu adalah money gaming karena mereka punya sistemnya sendiri.

Apakah dengan adanya perbincangan mengenai RUU tersebut akan berpengaruh pada industri gaming yang tengah dikembangkan oleh publisher dan juga developer yang ada didalamnya. Semua itu akan terjawab pada waktunya nanti.