Esports Indonesia Logo

Perkembangan Teknologi Virtual Reality Dalam Dunia Esports

by E-Sport Indonesia

Teknologi Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang sangat menarik perhatian dunia. Ini merupakan sebuah cara baru dalam menikmati sebuah teknologi gaming yang lain daripada yang lain. Pendiri Facebook, Mark Zuckerberg sendiri mulai membeli Oculus Rift seharga 2B Dolar AS ini pada tahun 2014. Tentu saja meski memakan biaya yang sangat besar, VR ini mampu menyuguhkan sebuah permainan yang layak diperhitungkan.

Butuh Komputer Gaming Berspesifikasi Tinggi

Perkembangan Teknologi Virtual Reality Dalam Dunia Esports

Satu hal yang terpenting dalam teknologi Virtual Reality ini adalah dibutuhkannya PC gaming dengan spesifikasi yang tinggi didalamnya. Kendati tumbuh dengan cukup cepat, pada tahun 2018 valve telah mencatat bahwa pemakai Steam berbasis Headset sudah mulai bertambah dua kali lipat dibandingkan bulaan sebelumnya atau setara dengan 0.8% besarnya.

Dari sini bisa dilihat bahwa VR sampai sekarang masih dalam masa pertumbuhannya. Esports tidak serta merta ditinggalkan begitu saja. Selain itu, Senior Vice President Of Publisher & Developer ESL Sean Charles mengungkapkan bahaw VR sudah memperoleh tanggapan positif dari para pemain yang ada di seluruh dunia.

Sejumlah Game VR Terkenal Terus Bermunculan

Perkembangan Teknologi Virtual Reality Dalam Dunia Esports

Teknologi Virtual Reality juga menyajikan berbagai game-game yang kompetitif dipamerkan didalamnyaa, mulai dari game seperti Echo Combat, Onward, Space Junkies, dan lain sebagainya. Permainan tersebut juga bisa dimainkan dengan cara dan metode yang unik, tapi menarik. Ditambah lagi, ada berbagai karakter yang terdapat didalamnya.

Charles juga mengatakan bahwa para penggemar benar-benar sangat bersemangat dengan unsur aktivitas fisik yang terdapat dalam permainan hebat ini. Selain itu, ini juga bisa dinobatkan sebagai pusat hiburan keluarga yang paling terkenal dalam bentuk Esports itu sendiri. Tak heran jika popularitasnya sangat begitu mendunia.

Berbagai Perangkat VR Yang Bisa Digunakan

Perkembangan Teknologi Virtual Reality Dalam Dunia Esports

Seiring dengan kian berkembangnya teknologi Virtual Reality ini juga diikuti oleh berbagai macam perangkat tambahan untuk memeriahkan game yang satu ini. Didalamnya, anda juga akan bisa melihat perangkat tambahan berupa headset VR yang bisa didapatkan didalamnya, yang mana bisa digunakan untuk menerima input atau gerakan fisik dari pemain yang ada didalamnyaa. Ini juga menunjukan bagaimana begitu banyak produk terkait dengan teknologi Virtual Reality tersebut.

CEO Virtuix, Jan Goetgeluk juga mengatakan bahwa VR merupakan sebuah industry besar yang mendapatkan banyak daya tarik dari berbagai penjuru. Jadi disitulah banyak investor yang bersemangat dalam menanamkan dananya di sektor yang satu ini. Hal ini jelas memberikan beberapa langkah kemudahan lainnya yang lebih maju itu sendiri didalamnya. Sudah pasti dalam masa mendatang teknologi Virtual Reality ini akan semakin bisa digunakan oleh semua orang di seluruh dunia. Mengingat ada banyak sekali orang yang mulai tertarik dengan teknologi Virtual Reality sebagai salah satu family entertainment.