Esports Indonesia Logo

Overkill’s The Walking Dead Tak Laku Di Pasaran

by E-Sport Indonesia

Publisher dari game Overkill’s The Walking Dead harus menerima kenyataan pahit bahwa mereka mengalami kerugian financial yang cukup besar. Perusahaan asal Swedia itu dikabarkan akan segera tutup dalam 12 bulan kedepan. Tentu saja ini adalah sebuah kabar yang sangat disayangkan. Apa yang sebenarnya terjadi pada Starbreeze Studios selaku pencipta Overkill’s The Walking Dead ini?

Menjual Beberapa Asetnya

Overkill’s The Walking Dead Tak Laku Di Pasaran

Gagalnya Overkill’s The Walking Dead untuk bisa menjadi game yang populer menjadikan Starbreeze di ambang gulung tikar. Tentu saja ini adalah sebuah hal yang sangat disayangkan. Mereka juga dikabarkan sudah menjual beberapa aset yang dimiliki guna menutup kerugian tersebut. Perusahaan asal Swedia ini dikabarkan sudah menjual asetnya berupa Dhruva Interactive.

Starbreeze dikabarkan telah melakukan penjualan sebesar 92% kepemilikiannya kepada Rockstar Games yang mana ini tentunya bukan kabar yang bagus. Mereka pun mendapatkan kompensasi atau pembayaran sebesar 7.9 Juta Dolar AS atau setara 114 Miliar Rupiah dari apa yang mereka miliki tersebut. Tentu saja jumlah tersebut tak sebanding dengan kerugian yang didapatkan.

Kerugian Mencapai 17.9 Juta Dolar

Overkill’s The Walking Dead Tak Laku Di Pasaran

Starbreeze dikabarkan mengalami kerugian sebesar 17.9 juta Dolar yang tentu saja bukanlah jumlah yang sedikit. Dalam hal ini memang ada banyak sekali permasalahan yang terjadi didalamnya. Tentu saja salah satu penyebab kerugian tersebut karena Overkill’s The Walking Dead yang mereka buat tidak laku. Akibatnya game mereka pun kembali ditarik dari pasaran Steam.

Bahkan perilisan untuk versi konsolnya itu sendiri rencananya akan dibatalkan karena beban kerugian yang sangat besar dialaminya. Hal ini tentunya menjadi sebuah permasalahan internal yang ada di studio yang satu ini. Meski laku di beberapa tempat, nyatanya Overkill’s The Walking Dead memang tidak banyak diminati.

Mereka Tahu Overkill’s Susah Laku

Overkill’s The Walking Dead Tak Laku Di Pasaran

Yang menarik, developer dari game Overkill’s The Walking Dead ini sendiri tahu bahwa game yang dibuatnya tersebut tidak akan lagu. Hal ini menurut sang developer dikarenakan identitas dari game itu yang berbeda dengan permainan lainnya. Tak hanya itu saja, para developer juga mengabaikan masukan yang didapatkan selama event berlangsung.

Penjualan Overkill’s The Walking Dead sendiri jugaa tidak mencapai 100.000 unit di Steam. Tentu ini adalah sebuah hal yang sangat disayangkan. Sangat susah untuk bersaing di pasar game saat ini jika tidak memiliki pondasi yang kuat. Starbreeze juga sepertinya harus belajar untuk menerima feedback atau masukan demi perkembangan game mereka ke ranah yang lebih baik lagi. Sebetulnya Overkill’s The Walking Dead ini bisa laku keras seandainya strategi yang mereka terapkan tepat. Di sisi lain, ada banyak hal yang harus ditingkatkan oleh para developernya.