Esports Indonesia Logo

Esports Asian Games 2022, Apakah Sudah Resmi?

by E-Sport Indonesia

Esports Asian Games 2022 menjaadi sebuah topik hangat yang kini terus diperbincangkan setelah demonstrasinya pada Asian Games 2018 yang berlangsung beberapa waktu silam. Dari sini Indonesia yang sukses menjadi tuan rumah, berhasil membawa pulang berbagai medali emas yang ada di cabang Esports Clash Royale, dan juga perak di cabang Esports Heartstone. Setelah keberhasilan tersebut, apakah lantas sudah diresmikan Esports Asian Games 2022?

Memerlukan Sebuah Federasi Internasional

Esports Asian Games 2022, Apakah Sudah Resmi?

Menurut Direktur Umum OCA, Husain Al-Musallam, untuk bisa menerapkan Esports Asian Games 2022, tentu saja dibutuhkan sebuah Federasi Internasioal yang bisa menaungi semuanya. Hal ini jelas merupakan sesuatu yang penting dan signifikan didalamnya. Sebagaimana diketahui bahwa perkembangan Esports di dunia memang sangat signifikan.

Ada banyak turnamen yang diselenggarakan dengan hadiah yang sangat luar biasa banyak. Hadirnya Esports Asian Games 2022 tentu akan memberikan sebuah warna tersendiri dan inovasi baru dalam dunia olahraga. Tapi memang harus ada badan pengatur yang mengawasi standard permainan tersebut agar bisa dilangsungkan dengan baik dan istimewa didalamnya.

Kuncinya Diperlukan Badan Pengaturan Yang Resmi

Esports Asian Games 2022, Apakah Sudah Resmi?

Esports Asian Games 2022 juga baru bisa diberlakukan dengan resmi setelah adanya badan pengaturan terkait. Hal ini juga berkaitan dengan pilihan game apa saja yang nantinya akan dikompetisikan di ajang tersebut, antara lain League of Legends, Mobile Legend, Arena Of Valor, dan juga berbagai macam permainan laainnya yang terdapat didalamnya.

Untuk saat ini kompetisi Esports itu sendiri sedang diawasi oleh AESF atau Federasi Olahraga Elektronik Asia. Federasi ini dipimpin langsung oleh Kenneth Fok, Vice President dari Sports Federation dan Olympic Commite of Hong Kong. Kalau semua memang berjalan lancar, tentu bukan hal yang mustahil bahwa Esports Asian Games 2022 akan memberikan warna baru yang ada didalamnya.

Menyikapi Unsur Kekerasan Dan Penembakan

Esports Asian Games 2022, Apakah Sudah Resmi?

Esports Asian Games 2022 juga mendapatkan tantangan baru melihat adanya unsur kekerasan yang terdapat dalam permainan itu sendiri. Mulai dari penembakan, pembantaian dan lain sebagainya. Sebelum diterapkan sebagai salah satu olahraga di cabang Olimpiade, tentunya harus dilihat dulu apakah semua itu sudah sesuai dengan nilai-nilai Olimpiade atau tidak didalamnya.

Jadi wacana Esports Asian Games 2022 jelas akan terus digodok sampai ada update lebih lanjut. Hal ini sebelumnya juga sudah dibahas dalam pertemuan pada bulan Juli di Lausanne Switzerland. Dalam Forum Esports IOC yang pertama dan dihadiri oleh 150 eskekutif dalam dunia Esports terus membicarakan mengenai peluang kolaborasi game ini supaya dilombakan dalam Olimpiade di masa depan. Apakah hal tersebut akan bisa terwujud? Tentu jawabannya sampai sekarang Esports Asian Games 2022 masih belum bisa dipastikan.